Hemat Dana, Ini 6 Tips Jitu Mewujudkan Rumah Minimalis Impian Anda

Banyak pemilik rumah yang merasa gerah dengan terbatasnya ruang di rumah yang ditempatinya. Apalagi jika rumah sudah penuh dengan perabotan yang bikin rumah makin terasa sumpek. Jika Anda berada dalam situasi yang sama, jangan ragu untuk merenovasi rumah, agar terwujud rumah minimalis yang nyaman untuk Anda tempati. Berikut 6 tips jitu dan hemat untuk membangunnya.

1.   Pilih Bentuk Rumah yang Paling Hemat Biaya Pembangunannya

Bentuk rumah yang Anda pilih akan sangat menentukan biaya pembangunan yang harus Anda keluarkan. Makanya, jika Anda ingin hemat, rencanakan rumah dengan bentuk bangunan berupa persegi atau persegi panjang. Selain hemat dalam hal dana, bentuk rumah seperti ini pun lebih mudah dibangun. Material bangunan pun akan terpakai secara optimal dan tak banyak terbuang.

2.   Susun Rencana Pembangunan Rumah Anda

Perencanaan merupakan hal yang sama sekali tak boleh Anda abaikan begitu saja jika ingin membangun rumah impian. Akumulasikan dari awal berapa dana yang harus dialokasikan, misalnya berdasarkan bahan bangunan yang harus disediakan, serta dana untuk membayar jasa tukang bangunan. Dengan adanya perencanaan ini, pengeluaran yang tak penting akan bisa dihindari.

3.   Pilih Desain Rumah Minimalis yang Tepat

Pemilihan desain rumah sangatlah krusial sifatnya, khususnya bagi Anda yang ingin mewujudkan ruamh dengan tipe minimalis. Anda punya dua pilihan untuk memilih desain ini, mencari desain di internet atau mempekerjakan arsitek guna membuatkan desain rumah untuk Anda. Jika Anda sama sekali tak paham perihal desain ini, menggunakan jasa ahlinya tentu jauh lebih baik.

4.   Selektif Memilih Tempat Pembelian Bahan Bangunan

Sebagian besar dana yang harus Anda keluarkan untuk mewujudkan rumah mungil impian adalah untuk membeli bahan bangunan. Jadi, jika Anda ingin hemat, maka selektiflah dalam memilih toko yang menjual bahan bangunan. Jangan ragu untuk membandingkan harga dari satu toko dengan toko lainnya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan bahan bangunan dengan harga yang paling sesuai.

Jika Anda tak punya waktu untuk melakukan hal di atas, pembelian bahan bangunan ini bisa Anda percayakan ke penyedia jasa renovasi yang dipekerjakan. Umumnya, jasa merenovasi rumah tersebut sudah punya rekanan sendiri dalam hal pengadaan bahan bangunan. Dengan begini, harga yang diberikan bisa jadi lebih rendah dari harga standar yang ditawarkan pada kebanyakan pembeli baru.

5.   Pilih Cat Berwarna Cerah untuk Rumah Baru Anda

Pemilihan cat untuk rumah dengan desain minimalis harus benar-benar diperhatikan. Pemilihan warna cat yang tepat dapat memunculkan aura yang luas di rumah Anda, walau sebenarnya ukurannya tak terbilang besar. Maka dari itu, pilihlah warna terang dan cerah untuk rumah Anda. Warna putih bisa Anda kombinasikan dengan warna seperti merah muda dan biru lembut

6.   Memanfaatkan Perabotan Lama dan Menjual yang Tak Terpakai

Saat rumah Anda direnovasi, jangan langsung buang perabotan atau furnitur lama yang Anda miliki. Simpan perabotan yang sekiranya sesuai dengan desain rumah yang dirancang minimalis tersebut. Dengan cara ini, Anda tak perlu membeli banyak perabotan lagi ke depannya. Jika ada perabotan yang besar, Anda bisa pilih untuk menjualnya sehingga bisa mendapatkan dana tambahan.

Saat kondisi rumah yang kecil sudah tak menghasilkan kenyamanan lagi, jangan ragu untuk merenovasi rumah Anda jadi sebuah rumah berdesain minimalis. Gunakan jasa renovasi yang telah mumpuni di bidangnya, untuk mengubah tampilan rumah yang selama ini terasa sesak saat ditempati. Gunakan juga rangkaian tips di atas agar bisa hemat dana saat merenovasi rumah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *