Waspada, Kenali Ciri-Ciri Burung Murai Batu yang Asli

Siapa sangka ternyata di Indonesia memiliki banyak sekali ragam dari jenis burung. Salah satunya adalah burung Murai Batu Medan. Burung ini adalah salah satu burung yang paling diburu oleh penghobi atau kolektor burung. Pasalnya burung ini adalah termasuk burung kicau yang memiliki tampilan begitu indahnya. Selain itu apabila Anda melihat burung ini secara sekilas, Anda akan menjumpai ekor yang terlihat menakjubkan. Hal inilah yang jadi ciri khas burung mungil dan ada beberapa ciri-ciri murai batu medan lainnya yang bisa Anda simak berikut ini.

Cek Fisik

Bagi Anda yang suka sekali dengan mengoleksi burung kicau kecil nan imut, jangan pernah lewatkan untuk cek fisik pada burung yang satu ini. Jangan khawatir bagi Anda yang pemula dan ingin mengetahui fisik burung ini. Burung Murai Batu Medan adalah salah satu dari jenis burung hias yang memiliki kelebihan.

Anda bisa melihat sekilas dari tampilannya dan bentuknya yang terlihat menakjubkan bahkan bisa dibilang eksotis dan mengkilap. Sebagian ada yang memiliki ekor panjang dan sebagian lagi ada yang memiliki ekor pendek. Adanya ekor yang beragam baik itu panjang maupun pendek, akan memperlihatkan ciri khasnya sebagai burung Murai Batu Medan.

Selain itu, ciri fisik lainnya adalah bentuk tubuh dari burung indah ini. Burung Murai Batu Medan memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar jika dibandingkan dengan burung Murai Batu jenis lainnya. Oleh karena itu, bagi para penghobi burung hias ini, tak jarang akan sukarela merogoh kocek demi mendapatkannya. Jadi, Anda harus teliti terhadap fisik burung ini.

1.      Bentuk, Motif dan Gerakan Ekor

Setelah mengecek fisik dari burung Murai Batu Medan, langkah berikutnya agar Anda mengetahui dengan pasti adalah dari bentuk ekor dan gerakannya. Pada umumnya, burung jenis ini memiliki bentuk ekor yang sedikit melengkung dan cenderung memanjang. Sekalipun ada burung Murai yang memiliki ekor pendek, namun karakteristik dari ekornya adalah melengkung.

Pada umumnya, burung Murai ini memiliki ukuran ekor sekitar 26-35 cm. Selain itu, burung ini juga bisa menggerakkan ekornya sampai menyentuh ujung kepalanya sendiri. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh jenis burung hias lainnya. Anda bisa berpatokan dengan hal ini untuk meyakinkan diri Anda sendiri bahwa burung Murai ini adalah jenis Murai Batu Medan.

Anda juga harus jeli terhadap motif dari burung ini. Biasanya burung Murai Batu Medan yang asli dan bagus kualitasnya, memiliki empat pasang bulu yang berwarna putih, berbentuk huruf ‘U’, tengahnya terpotong dan letaknya di bagian kanan dan kiri ekor. Selain itu ada juga strip yang berwarna hitam dan membentang secara horizontal pada pangkal ekor.

Apabila Anda ingin membawa pulang, pastikan Anda mengecek ekor dengan ciri-ciri tadi secara presisi, terlihat identik, jelas, sejajar antara kanan dan kiri, dan bersih dan mengkilap atau terlihat berkilau. Ciri-ciri dari ekor tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengetahui keaslian burung Murai Batu Medan. Meskipun begitu, Anda juga harus mempertimbangkan ciri-ciri yang lainnya agar Anda semakin mantap.

2.      Warna dan Bentuk Kaki

Apabila Anda ingin membeli burung ini dan ingin mengembangbiakkan sendiri, Anda harus memperhatikan pada bentuk kakinya. Bentuk kaki pada burung Murai Batu Medan akan mengalami perubahan dan melengkung seperti bentuk buah belimbing.

Jika Anda menjumpai burung dengan ciri seperti ini, Anda bisa menyimpulkan bahwasanya burung ini telah memiliki usia yang matang dan siap untuk dijadikan indukan. Sehingga apabila Anda ingin beli burung ini, pastikan Anda membeli burung lainnya sebagai pasangannya agar siap dikawinkan juga.

Selain bentuk kaki, Anda juga bisa melihat dari segi warna kaki. Pada umumnya, warna kaki pada burung ini adalah berwarna merah agak kecokelatan. Namun, ada juga burung yang memiliki warna kaki sedikit berwarna hitam. Biasanya, masyarakat mengartikan warna merah agak kecokelatan dengan karakteristik burung yang unik. Sedangkan warna hitam, masyarakat mengartikan dengan sifat burung yang ganas dan garang. Terserah Anda mau memilih yang mana.

3.      Kombinasi Warna Bulu yang Berkilau

Tips berikutnya yang bisa Anda pelajari adalah dari warna bulu. Saat burung ini berada di bawah sinar matahari, bulu burung ini akan terlihat berkilau dan memunculkan efek warna kebiru-biruan yang mengkilap. Biasanya, burung ini memiliki kombinasi warna pada bulunya sehingga menimbulkan efek yang eksotis saat di bawah sinar matahari.

Pada umumnya pada bagian dada burung ini berwarna coklat tua atau hitam abu. Pada bagian kepala, leher, dan sayap, bulu burung ini berwarna hitam pekat. Selain itu, bulunya juga terlihat rapi dan tidak rontok. Dari kelebihan inilah para hobi dan pecinta burung memburunya dan mengikutsertakan burung ini pada berbagai jenis lomba maupun dikoleksi sebagai indukan.

Cek Suara Kicauan

Burung ini memiliki kelebihan lain yaitu suara merdunya. Apabila Anda ingin membeli burung dengan harga yang mahal, Anda bisa mendengarkan dari kicauannya yang semakin nyaring, jernih, dan panjang kicauannya. Selain itu, burung ini juga bisa berkicau secara terus menerus dan berulang-ulang.

Itulah tips yang bisa Anda perhatikan. Anda juga bisa melihat informasi lainnya pada laman berfaedah.com agar wawasan Anda semakin luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *