Cek Harga Mobil Bekas: Cara Mudah Mengenali Mobil Bekas Ilegal, Jangan Sampai Anda Membelinya

Selain dengan membeli kendaraan baru, nyatanya cukup banyak diantara masyarakat yang lebih membeli kendaraan bekas. Tentunya bukan tanpa alasan, karena jika mempertimbangkan dari segi harga yang harus dikeluarkan memang jadi jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli kendaraan baru, bahkan jika seandainya Anda pintar-pintar di dalam memilihnya, maka bisa mendapatkan produk yang kualitasnya tidak kalah bagus dibandingkan dengan mobil yang baru. namun sebelum itu cek harga mobil bekas tersebut terlebih dahulu dan banding-bandingkan.

Pasaran dari kendaraan bekas sendiri umumnya bergantung pada banyak faktor, salah satu diantaranya adalah kondisi dari mobil dan juga diantaranya adalah dari segi tahun keluarannya, dimana semakin lama memang tawaran harganya akan semakin turun atau mengalami depresiasi. Anda sendiri yang memang tertarik untuk membeli kendaraan tersebut hendaknya juga harus berhati-hati jangan sampai tertipu, mengingat tentunya bukan satu atau dua kasus konsumen yang tertipu dengan membeli mobil ilegal bukan.

Seperti diantaranya yang paling sering terjadi adalah mereka membeli kendaraan curian, sudah pasti hal ini sangat membahayakan, karena resikonya bukan hanya uang yang akan hilang, melainkan juga mungkin menyebabkan Anda bermasalah dengan hukum, karena dianggap sebagai penadah barang curian. Untuk itu maka beginilah ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengenali mobil bekas yang ilegal yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Cek harga mobil bekas tersebut terlebih dahulu, tentunya banyak diantara konsumen yang tergiur dengan penawaran harga kendaraan yang super murah bukan, namun apakah nilai tersebut wajar dengan pasaran harga yang sebenarnya, karena jika seandainya nilainya terlalu murah juga sangat mencurigakan, bisa jadi kendaraan yang dijual tidak memiliki surat atau dokumen-dokumen lengkap penunjangnya, sehingga tawaran harga semakin rendah.
  2. Mengecek dokumen-dokumen kepemilikan dari kendaraan tersebut, hal lainnya yang sangat penting dilakukan oleh konsumen yang cerdas, jika seandainya ingin membeli kendaraan bekas adalah surat-surat yang menyertainya. Jika sudah ada dokumen-dokumen yang menyertainya maka hendaknya Anda juga harus mengecek apakah sudah sesuai dengan nama penjualnya ataukah belum. Karena bisa jadi ia menjual kendaraan milik orang lain tanpa persetujuan dari yang pemiliknya, kelak hal ini juga akan membawa Anda ke jalur hukum bukan.
  3. Cek nomor rangka dan juga nomor mesin, salah satu ciri yang menandakan kendaraan tersebut curian adalah dari segi pergantian nomor rangka dan juga nomor yang ada pada mesin kendaraan tersebut. Biasanya pelaku akan memotong yang asli kemudian menggantinya dengan yang baru lagi. Jika terdapat ciri-ciri seperti diantaranya adalah penempelan atau penyambungan yang baru, maka bisa jadi memang sebelumnya nomor rangka dan mesin kendaraan sengaja diganti, wajib untuk diwaspadai.
  4. Lakukan pengecekan data kendaraan tersebut di Samsat, ini adalah hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membeli kendaraan, karena banyak orang yang asal percaya, tanpa pengecekan langsung kesini, sehingga ujung-ujungnya tertipu. Jadi lebih aman langsung datang ke kantor Samsat terdekat sesuai dengan wilayah Anda, disana sudah disediakan fasilitas untuk mengeceknya. Bahkan sekarang sudah ada pengecekan yang dapat dilakukan secara online.

Mudah bukan, coba untuk menerapkan 4 hal di atas sehingga nantinya Anda tidak akan tertipu jika seandainya membeli mobil bekas, terutama adalah mobil ilegal. Cek harga mobil bekas sekarang ini dapat dilakukan secara online, bahkan dengan adanya fasilitas ini memungkinkan Anda nantinya bisa membanding-bandingkan produk termurahnya secara mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *