Menstimulasi Minat Eksplorasi Anak Dengan Permainan yang Mendidik

Menstimulasi Minat Eksplorasi Anak Dengan Permainan yang Mendidik

Seiring perkembangan jaman, membuat anak-anak mudah mengakses permainan melalui gadget. Itu menjadi PR baru bagi orang tua jaman sekarang. Kehadiran gadget di rumah, justru dapat membuat anak-anak malas bergerak, berpikir, kecanduan permainan bahkan kecanduan internet. Tentunya membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikologis mereka. Untuk menghindari hal itu, anda bisa menstimulasi minat eksplorasi anak dengan permainan anak yang mendidik.

Anda bisa menyediakan sendiri suatu permainan yang menarik untuk anak-anak, tapi juga membantu mengembangkan kecerdasan, kemampuan motorik serta aspek sosialnya. Anda bisa menciptakan permainan anak yang mendidik dengan menggabungkan kegiatan fisik dengan materi pelajaran. Sehingga, tanpa terasa saat bermain dia juga mempelajari sesuatu. Nah, berikut ini adalah beberapa permainan anak yang mendidik!

Berkirim surat alfabet
Apabila sudah saatnya si kecil belajar membaca, anda bisa mengajaknya untuk bermain kirim surat alfabet. Permainan ini dilakukan dengan bertukar pesan yaitu menyusun huruf-huruf lalu memasukkannya ke sebuah amplop. Permainan anak yang mendidik ini dapat dilakukan di rumah bersama teman-temannya. Buatlah lebih seru agar dia bertambah senang.

Membuat papan geometri
Permainan berikutnya adalah cukup mudah, murah dan asik yaitu dengan belajar membentuk sebuah bangun. Caranya, siapkan papan, paku kertas (pushpin), lalu tusukkan secara rapi dan sejajar di bagian atasnya. Anda dapat mengajak si kecil membuat berbagai bentuk bangun apakah segitiga, lingkaran, persegi dan sebagainya dengan melilitkan pita dari satu pushpin ke pushpin lainnya.

Bermain lego kata
Tentu semua sudah tahu bahwa lego adalah permainan anak yang mendidik. Permainan ini tak hanya membantu si kecil berkreasi membuat suatu bentuk, melainkan juga bisa membuatnya belajar huruf. Ajaklah dia membuat lego kata. Pada setiap potongan lego, tempelkan kata-kata yang berbeda. Lalu, mintalah si kecil menyusunnya menjadi sebuah kalimat utuh dan dimengerti.

Mencari harta karun
Mencari harta karun juga termasuk permainan anak yang mendidik karena akan mengasah kemampuan motoriknya. Anda dapat menyembunyikan kartu alfabet di sekeliling rumah. Kemudian, minta dia mencari huruf-huruf tersebut dan merangkainya menjadi suatu kata. Setelah si kecil berhasil, berilah dia hadiah kecil agar lebih bersemangat menyelesaikan misinya tersebut.

Eksperimen air
Anda juga bisa menstimulasi minat anak dari sebuah eksperimen. Ada banyak jenis eksperiman yang bisa anda ajarkan dan lakukan bersama si kecil. Seperti teori tentang tempat tinggi hingga daya materi-materi di sekitar lingkungan rumah anda. Ajak dia seru-seruan membuat roket tenaga udara atau permainan anak yang mendidik lainnya.

Menyusun kejadian
Selanjutnya, anda juga bisa mengajak si kecil bermain menyusun kejadian. Caranya, buatlah stiker-stiker yang bergambar rentetan latar belakang. Kemudian, mintalah si kecil menempelkan dan menyusun stiker tersebut di papan berdasarkan urutan yang tepat. Apabila dia sudah TK, anda dapat mengambil gambar dari buku yang sering dia baca. Atau cari gambar dari buku-buku lain atau dari internet.

Selain mengajaknya bermain di dalam rumah, stimulasi minat eksplorasi anak bisa melalui aktivitas di luar rumah. Misalnya, anda mengajaknya menanam tanaman, memberi makan hewan peliharaan, mendirikan kamping di belakang rumah dan sebagainya. Melibatkan anak dalam setiap aktivitas yang anda lakukan selama itu positif baginya dapat menjadi stimulasi yang besar baginya.

Itulah cara menstimulasi minat anak melalui permainan anak yang mendidik. Perhatikan setiap perkembangan anak dan selalu kawal tumbuh kembangnya. Jangan sampai anda kehilangan momen-momen pertumbuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *